Hikmah

Momentum Berkumpul dengan Keluarga

Drs H Buralimar, Kepala BPMD Kepri

Momentum Bulan Suci Ramadhan bagi umat Muslim selain mendekatkan diri kepada Allah SWT,  juga merupakan ajang berkumpulkan dengan keluarga. Baik di waktu berbuka puasa secara bersama-sama, juga menikmati hidangan di waktu sahur bersama di rumah.
Inilah yang dirasakan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Provinsi Kepri, Drs H Buralimar.  Menurutnya, untuk berbuka puasa sangat relatif enak apabila berbuka puasa bersama keluarga di rumah. Karena selain dapat bercengkrama dengan anak-anak, dapat juga memilih hidangan yang telah disediakan.

Berkumpul bersama keluarga, bagi mantan sekretaris DPRD Kota Batam ini, bukan baru kali ini dirasakan. Melainkan telah terpupuk dimasa kecil. Buralimar termasuk memiliki keluarga besar. Dalam satu keluarga, sebanyak 20 orang. Bahkan setiap bulan Puasa, mereka kerap kali berkumpul untuk buka puasa bersama-sama.

"Karena sejak dari kecil, saya sudah merasakan betapa nikmatnya kalau berbuka puasa bersama keluarga. Sangat nikmat ketika kita menikmati hidangan yang ada secara bersama-sama. Rasanya tidak enak, apabila kita menikmati makanan secara sendiri-sendiri," ucap Buralimar, Kamis (18/7).

Bulan Suci Ramadhan menurut Buralimar, membuat kebahagian tersendiri. Sebab dirinya sejak dari kecil telah mendapatkan didikan dari kedua orang tuanya, untuk selalu shalat ke masjid, melaksanakan ibadah tarawih, serta melaksanakan tadarus di masjid hingga sahur.

Kebiasaan yang telah tertanam semenjak dari kecil ini, membuat dia tetap menjalankannya hingga saat ini. Meskipun dengan kesibukan-kesibukan yang ada, dirinya tidak pernah meninggalkan kebiasan yang telah dididik  oleh orang tuanya, terutama shalat tarawih.

"Rasanya tidak sempurna dan tidak enak, apabila tidak melakukan shalat trawih. Walaupun saya banyak kesibukan di luar, Insya Allah tetap saya jalankan ibadah tarawih di rumah, apabila saya tidak sempat melaksanakan di luar," ungkap Buralimar.

Di Bulan Suci Ramadhan ini, kata Buralimar, membuat hati dan pikiran lebih tenang dan tenteram. Bahkan seluruh fisiknya terasa lebih sejuk dan semangat selama di Bulan Suci Ramadhan ini. Sehingga segala pekerjaan yang berkaitan dengan kedinasan, dapat dijalankan dengan baik dan lancar. Alhamdulillah.

"Kalau soal safari Ramadhan, saya justru lebih suka ke kampung-kampung atau ke pulau-pulau. Selain terasa lebih indah, makanan yang dihidangkan terasa lebih nikmat. Dan kita tidak saling berebut disaat berbuka puasa bersama-sama. Yang jelas sangat enak lah, kalau safari Ramadhan dilakukan di kampung-kampung atau di pulau," ucapnya. (lim)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar