Batam

Hindari Kecelakaan, Nyalakan Lampu Kendaraan

BATAM (HK)- Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kepri  mengimbau pengendara untuk tetap menyalakan lampu di siang hari agar terhindar dari kecelakaan karena kabut asap kiriman semakin tebal.

"Untuk menghindari terjadinya kecelakaan, pengendara harus tetap nyalakan lampu walaupun siang hari," ujar Direktur Ditlantas Polda Kepri Komisaris Besar Polisi Tantan Sulistyana di ruang kerjanya, Senin (14/9).

Walau sejauh ini belum  mengganggu aktivitas, selain lampu, disarankan pengendara motor menggunakan masker penutup mulut dan hidung saat berkendara di jalan.

"Karena kesehatan sangat berpengaruh pada saat berkendara. Kalau tidak sehat bagaimana bisa berkendara dengan baik," tuturnya.

Selain itu, pengendara juga diwajibkan untuk tetap mentaati perturan lalu lintas agar terhindar dari kecelakaan. Tingginya angka kecelakaan di Kepri khususnya Batam akibat masyarakat yang masih kurang sadar menjaga keselamatan.

"Masyarakat masih banyak yang belum menyadari keselamatan dalam berkendara. Seperti berkendara tanpa menggunakan helm, tidak menggunakan sabuk pengaman mobil," paparnya.

Adapun angka kecelakaan di Kepri telah 200 kecelakaan yang mengakibatkan meninggal dunia.

" Rawan kecelakaan terbanyak malam menjelang dini hari. Jalan sepi, dan konsentrasi pengendara kurang," ungkap Tantan.

Selain berbicara mengenai keselamatan berlalu lintas, Tantan juga menyampaikan rencana untuk peresmian layanan terbaru untuk meningkatkan dan memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat di Kepri. Adapu layanan yang diluncurkan adalah Samsat Link direncanakan 22 September dan SIM On-line pada 23 September mendatang.

Dengan Samsat Link ?ini, perpanjangan pajak kendaraan yang berada di Karimun, atau pulau lain di Kepri, bisa dilakukan di Kantor Samsat Kepri di Batam. "Dokumen lengkap, untuk perpanjangan pajak, bisa dilakukan dimana saja, khusus di Kepri," katanya.

Sedangkan untuk SIM On-line, masyarakat yang punya SIM dan ternyata SIM diterbitkan di Provinsi Lain, maka bisa di perpanjang, atau buat SIM di Poltabes Barelang.

" Misal, kita punya SIM A terdaftar di Bandung, maka tidak perlu urus mutasi, langsung aja perpanjangan ke Poltabes Barelang. Biaya dan syarat normal seperti urus perpanjangan ?biasanya," sebut Tantan. (doz)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar