Batam

Ikawati akan Tanam 26.000 Mangrove

Batam centre (HK)- Ikatan Karyawan dan Karyawati (Ikawati) Kementerian Agraria dan Tata Ruang berencana pada 17 Desember 2015  menanam 26 ribu bibit pohon bakau di Kampung Tua Teluk Lenggung Batam, Kepulauan Riau, untuk memperingati Hari Ibu.
"Kegiatan dalam rangka Hari Ibu Nasional yang diperingati setiap 22 Desember 2015. Ikawati ingin berperan dalam penanaman mangrove," kata Kepala Kantor BPN RI Batam, Iria Darmaja di Teluk Lenggung Batam, Kamis (11/12).

Kegiatan tersebut didukung oleh PT Pertamina dengan 20.000 bibit mangrove, BP Batam, dan Koperasi Sang Ibu yang membantu pengadaan 6.000 bibit mangrove. Kegiatan juga akan dimeriahkan penampilan J-Rock.

"Rencananya acara akan dihadiri Ibu Wakil Presiden Mufida Kalla, Hanifah Mursyidan Baldan, beserta sejumlah menteri wanita dan istri menteri Kabinet Kerja," kata dia.

Pada Kamis siang, perwakilan PT Pertamina menyerahkan secara simbolis 20 ribu pohon bakau yang akan ditanam pada Kamis 17 Desember 2015 di lokasi penanaman.

"Pada era sekarang wanita dapat melakukan hal-hal sifatnya sosial. Termasuk dalam hal penanaman mangrove untuk mengembalikan fungsi pantai yang sudah banyak rusak," kata Iria.

Selain menanam, acara juga dirangkai dengan kegiatan sosial pengobatan gratis, pameran UKM dari Batam di Bumi Perkemahan Batam tidak jauh dari lokasi penanaman mangrove.

"Ini menjadi perhatian dari Ikawati yang ingin mengembalikan fungsi pantai untuk memperbaiki ekosistem. Kami tidak hanya menanam saja, namun akan bentuk kelompok tani wanita. Ada program lanjutan pembinaan masyarakat tempatan untuk memelihara mangrove," kata dia.

Perwakilan Pertamina yang menyerahkan mangrove tersebut Dedy Surpiyadi mengatakan bibit didatangkan dari Teluk Naga Tangerang diharapkan cocok untuk ditanam di Batam.

"Kami mewakili Pertamina pusat karena tidak bisa hadir. Ini merupakan bentuk kepedulian dari Pertamina terhadap kelestarian lingkungan," kata dia. (ant)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar