Lingga

2 Desa Dipersiapkan Untuk Persawahan

Lingga (HK)- Pemerintah Kabupaten Lingga  melalui Dinas Pertanian dan Kehutanan mengalokasikan 732 hektare lahan untuk persawahan di Pulau Singkep. Dua lokasi yang dipilih yakni Desa Marok Kecil dan Desa Resang.
Kapala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Lingga, Rusli Ismail mengatakan pencanangan program percetakan sawah tahap awal program Kementrian Pertanian itu terus digesa.

Saat ini Pulau Singkep dicanangkan untuk percetakan lahan sawah. Desa Marok Kecil Kecamatan Singkep Selatan dialokasikan lahan seluas 478 Ha, dan Desa Resang Kecamatan Singkep Selatan seluas 254 Ha.

"Dari total 1400 hektare SID lahan sawah tahap awal, 732 hektare-nya kita bangun di Pulau Singkep," ujar Rusli baru-baru ini.

Dikatakan Rusli, adapun titik-titik penyebaran program persawahan di Kabupaten Lingga yang harus tercetak tahun ini di antaranya, Desa Bukit Langkap Kecamatan Lingga Timur seluas 395 hektare, Desa Panggak Darat Kecamatan Lingga seluas 136 hektare, Desa Panggak Laut Kecamatan Lingga seluas 154 hektare, dan Desa Nerekeh Kecamatan Lingga seluas 91 hektare.

Menurutnya, atas permintaan Menteri Pertanian saat itu, tahap awal pihaknya bisa mencetak hingga 2000 hektare. Hanya saja luas lahan tersebut terkendala SID. Namun untuk program lanjutan di tahun 2017 mendatang, kata Rusli, pihaknya optimis dapat menyelesaikan SID lahan mencapai lebih dari 2.000 hektare.

"Target Menteri Pertanian untuk Lingga tidak terbatas. Tahun depan akan kita maksimalkan. Sejauh ini kami cukup optimis program kedaulatan Lingga sebagai lumbung pangan di Kepri," imbuhnya.(Put)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar